Sabtu, 21 Mei 2011

ipad


Bos Apple, Steve Jobs, memperkenalkan langsung jagoan barunya, iPad. Meski dibanderol dengan harga miring, bukan berarti piranti ini memiliki spesifikasi kacangan. Versi termurah iPad memiliki kapasitas penyimpanan 16GB dan dibanderol dengan harga Rp 4 jutaan. Harga tersebut kontan membuat para pengamat gadget cukup terkejut. Pasalnya, banyak analis memperkirakan harganya berada pada kisaran USD 1.000.

Untuk menunjang kebutuhan mobilitas para penggunanya, iPad didukung dengan beberapa fitur yang cukup menonjol, yakni:
Prosesor 1GHz Apple A4
Prosesor ini merupakan keluarga baru dari chip besutan Apple. Selain sebagai Central Processing Unit (CPU), chip ini juga berfungsi sebagai Graphic Processing Unit (GPU).
Bentang layar 9.7 inchi
Bentang layar yang dimiliki iPad adalah seluas 9,7 inchi. Meski berukuran mungil, layar berbasis LED ini mampu menampilkan resolusi hingga 1024 X 768 piksel. Selain itu iPad juga mendukung multi touch layaknya iPhone atau iPod Touch.
Flash Drive 16GB, 32GB dan 64GB
iPad memiliki media penyimpanan berupa Solid State Drive (SSD). Dengan kata lain, produk ini tidak akan mengalami kendala meski dioperasikan dalam keadaan bergerak.
Sistem Operasi 
iPad menggunakan Sistem Operasi yang mirip dengan iPhone dan konon sistem tersebut merupakan varian dari Mac OS X. Ini berarti tidak ada multitasking di dalamnya.
Selain spesifikasi yang disebutkan di atas, iPad juga memiliki beberapa fitur pendukung seperti Wi-Fi 802.11n, A-GPS, sensor cahaya dan gerak, TV-Out serta dukungan akses data 3G dengan perangkat tambahan.
Apa saja Kelemahan-kelemahan Apple iPad ?
Dari sisi jeroan dan fitur yang dimiliki, Apple iPad memang cukup menjanjikan. Perangkat itu disebut-sebut bisa memiliki banyak fungsi bagi penggunanya, mulai dari e-book reader, pemutar video bahkan hingga konsol game genggam.
Meski demikian, Apple iPad tetap dianggap memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut bisa jadi alasan bagi konsumen untuk tidak buru-buru mengadopsi gadget kinclong dari Apple ini.
Apa saja kekurangannya? Dikutip dari Informationweek, Kamis (29/1/2010), berikut sejumlah kelemahan-kelemahan Apple iPad:
  • Tanpa Adobe flash
  • Tidak dilengkapi kamera
  • Tidak bisa multitasking
  • Layarnya memiliki ukuran yang mungil, yakni 9,7 inchi
  • Tidak menggunakan sistem operasi Mac OS
  • Kapasitas penyimpanan yang kurang besar
  • Baterai tidak mudah diganti
  • Tidak memiliki port HDMI
Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, akankah iPad laris manis di pasaran? Kita tunggu saja.
Kapan Apple iPad Hadir di Indonesia?
Apple iPad memang merupakan salah satu gadget yang cukup revolusioner. Semenjak diperkenalkan secara resmi di San Francisco, Amerika Serikat, produk ini langsung mencuri perhatian masyarakat. Khusnya penggila gadget.
Meski telah secara resmi diperkenalkan oleh Apple, namun iPad belum secara langsung berada di pasaran. Konon di Negeri asalnya, Amerika Serikat, buah tangan Steve Jobs ini baru akan beredar mulai bulan Maret 2010. Lalu kapan di Indonesia?
Emax sebagai salah satu distributor Apple di Indonesia telah menuturkan kapan sekiranya gadget tersebut tersedia. “Di Amerika baru akan dibuka order mulai bulan Maret, jadi kemungkinan besar akan sampai di Indonesia setelah bulan April 2010,” ujar Rizky Arbali, Business Development, VP.
Apple iPad memiliki 2 varian dengan berbagai kapasitas media penyimpanan yang berbeda. Kedua varian tersebut dibedakan berdasarkan dukungan konektivitas yang tersedia, yakni seri yang hanya menggunakan koneksi Wi-fi dan dengan tambahan 3G.
Khusus untuk iPad versi 3G, kemungkinan besar gadget tersebut hadir di Indonesia dengan dibundling salah satu operator lokal. “Untuk yang seri 3G kemungkinan besar akan dibundling dengan operator lokal,” tambah Rizky, Kamis (28/1/2010).
Jika benar kehadiran iPad di Indonesia akan dibundling oleh operator, maka bukan tidak mungkin nasib gadget anyar Apple ini akan bernasib sama dengan iPhone, yakni hanya dilayani oleh satu operator saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar