Selasa, 24 Mei 2011

Cara Melindungi Komputer Anda Dari Virus


Dengan jutaan pengguna komputer ngebrowsing web pada waktu tertentu, ada banyak target untuk para peretas (coders) berbahaya. Sementara ahli komputer tidak selalu tahu mengapa para peretas (coders) memilih untuk membangun program komputer yang berbahaya, faktanya adalah bahwa hal itu terjadi setiap saat. Virus komputer bisa mencuri informasi pribadi, mengganggu operasi normal, menarik spam dan bahkan mematikan hard drive komputer Anda. Melindungi komputer Anda adalah penting untuk nge-browsing secara aman.
Mulai Dengan Dasar
Kebanyakan sistem komputer datang dengan fitur keamanan yang sudah ter-install. Sebagai
contoh, sistem operasi Windows yang dikemas dengan Microsoft Windows Security Center. Ketika Anda pertama kali membuka komputer, Anda harus memastikan bahwa program ini berfungsi. Ini akan memberi perlindungan dasar terhadap spyware, virus dan malware. Selain itu, firewall dasar dibangun ke dalam program ini, memberikan perlindungan tambahan dan untuk menghentikan program yang berpotensi membahayakan. Setelah aktivasi, jangan heran jika sistem keamanan mendesak untuk diupdate. Software yang melindungi komputer Anda perlu rutin dan konsisten untuk update agar tetap berguna. Virus baru terus-menerus dihasilkan dan beberapa lagi-bulan antara saat komputer Anda dibeli dan ketika Anda pertama kali mulai menggunakannya dapat berarti bahwa database sistem keamanan sudah kadaluarsa.
Upgrade Untuk Memenuhi Kebutuhan Anda
Banyak orang mengoperasikan komputer untuk waktu yang lama dengan hanya menggunakan perlindungan yang mendasar ( antivirus gratisan ). Namun, pengguna komputer kelas berat atau mereka yang memiliki kebiasaan nge-browsing beresiko terkadang bisa mendapatkan keuntungan dari meng-upgrade antivirus mereka, spyware dan perlindungan dari malware, serta menggunakan firewall dengan fitur yang lebih lengkap. ini adalah penting terutama jika kita menggunakan komputer di sistem jaringan, perlindungan dari antivirus gratisan bagaimanapun sudah bagus, bagaimanapun antivirus yang berbayar akan menawarkan fasilitas yang lebih banyak fitur, termasuk kemudahan penggunaan, yang paling penting ialah memferifikasi pembuat antivirus dan pastikan anda memperoleh apa yang dijanjikan oleh pembuat antivirus tersebut. Sebagian besar pembuat antivirus terkenal seperti AVG atau Norton Security telah menyediakan review masing2, untuk membantu kita membuat pilihan masing2.
Pelajari Tentang Risiko Spyware
Spyware menciptakan resiko yang tidak disadari oleh pemakai komputer kebanyakan, Jika kita hanya melindungi komputer dari virus, anda bisa meninggalkan komputer terbuka untuk dirusak, kebanyakan orang akrab dengan spyware ini, yang mulai dengan cara menampilkan iklan yang menarik dan program yang mengganggu, Spyware bagaimanapun bisa jauh lebih berbahaya juga, kebiasaan belanja online anda dapat dilacak oleh spyware, meskipun tidak persis berbahaya, namun sebagian orang menganggap ini adalah pelangaran privasi, program Spyware yang terburuk mengganggu sistem operasi normal dan bahkan dapat melacak apa yang anda ketik, mengirimkan informasi pribadi kepada si pembuat spyware tesebut, yang tujuannya ingin mencuri identitas orang lain, beberapa spyware bahkan mengubah arah browsing yang semestinya kesitus yang berbahaya, yang meningkatkan resiko kita terserang virus berbayaha.
Cara Kerja Virus
Perbedaan utama antara spyware dan virus adalah bagaimana cara mereka menyebar. virus mereproduksi dirinya sendiri dan melekat ke dokumen apapun yang komputer mengirimkan, sedangkan spyware bisa disimpan sebagai cookie atau kode pelacakan. Virus adalah yang paling sering ditemukan berinfeksi dengan melekatkan dirinya pada sebuah perangkat lunak komputer, seperti file gambar, dokumen atau potongan musik. Ketika berhadapan dengan email, maka perlu untuk membuka lampiran untuk menjadi terinfeksi, dalam banyak kasus, pengguna komputer entah bagaimana harus mengundang perangkat lunak berbahaya untuk mereplikasi pada sistem mereka. Tentu saja, kebanyakan orang tidak tahu itu ada atau apa yang terjadi. Beberapa virus sneakiest dan paling berbahaya sebenarnya menyamar sebagai antivirus, membuat mereka sangat sulit untuk dideteksi. Karena itu, itu penting untuk menjadi akrab dengan antivirus khusus Anda dan tahu seperti apa dan apa script nya normal dan petunjuk nya selama beroperasi. Virus melakukan beberapa hal yang sama yang spyware tidak, mereka hanya melakukannya dengan cara yang berbeda. Sebuah virus yang aktif dapat mencuri informasi pribadi, menghasilkan iklan atau mematikan sistem anda, termasuk program antivirus yang dapat mengatasi masalah ini.
Ambil Langkah Untuk Perlindungan
Seperti apapun juga, cara terbaik untuk melindungi terhadap virus adalah harus dipelajari, menjadi akrab dengan seperti apa perangkat lunak berbahaya ( Malware ) terlihat, jika kita mendapatkan email atau diminta untuk mendownload file yang tidak kita ketahui fungsinya, mengharuskan kita mengklik link2 yang mencurigakan, dll. Penelitian terhadap perlindungan terhadap virus, malware, dan spyware dan program firewall, gunakan perangkat lunak ini untuk kapasitas sepenuhnya. Mengatur perangkat lunak (antivirus) untuk otomatis update dan scan secara teratur untuk memastikan sistem kita terus dipantau, Selain itu secara teratur memeriksa database yang diterbitkan oleh layanan antivirus dan virus terkini, dan bagaimana cara mengatasinya tanpa mengeluarkan biaya yang tidak perlu nantinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar